Welcome to my blog :)

rss

Rabu, 24 Februari 2010

Meniti karier di bidang bisnis yang kecil terlebih dahulu atau langsung memulai bisnis yang besar?

Bisnis kecil-kecilan jika ditekuni bisa mengalahkan bisnis yang besar. Ini seperti cita-cita saya dari dulu yang ingin membuat sebuah usaha kecil-kecilan tetapi dalam jumlah yang banyak. Bisa membuka usaha dengan jenis yang sama tetapi berada dalam beberapa tempat, atau membuka usaha dengan jenis yang berbeda. Cara seperti ini ternyata juga dilakukan oleh seorang artis asal Jogja yang menetap di Jogja juga (maaf tidak saya sebutkan karena belum ada ijin). Kenapa saya bisa tahu? saya tahu dari pengakuan salah seorang pemilik kios yang dikontrak oleh artis tersebut.

Jika dilihat dari keartisannya, ia sudah mampu makan dan bergaya hidup menggunakan hasil tabungan depositonya, yang menurut sumber terpercaya jika bunganya sebesar 10% maka tidak kurang dari 80 juta perbulan hanya dari deposito tersebut. Tetapi kenapa dia mau membuka usaha kecil-kecilan? seperti laundry, bengkel, warung makan, dan rental mobil? Tentu ini untuk jangka panjang. Mungkin ia sadar bahwa tidak selamanya menjadi artis. Dan beruntunglah mereka yang sudah mempersiapkan sejak dini, sehingga gaya hidup keartisannya yang mungkin akan banyak menguras kantong bisa tetap dijalani.

Seorang artis dengan modal yang cukup mungkin tidak menjadi masalah untuk membuka usaha banyak, tetapi bagaimana dengan kita yang modal pas-pasan? dengan memulai yang kecil, ditekuni dengan sungguh-sungguh, dan apabila sudah bisa berjalan tanpa disubsidi, baru memulai usaha yang lainnya. Tulisan saya yang senada dengan ini bisa dibaca di sini. Semoga Bermanfaat!

0 komentar:

Posting Komentar